Mencegah SMS Penyedot Pulsa

Banyaknya berita keluhan masyarakat terhadap layanan SMS premium berlangganan atau yang sering disebut REG yang sering mengakibatkan pulsa handphone tersedot habis.

Untuk mencegah serta menghadapi pelanggaran yang dilakukan oleh Content Provider (CP) nakal yang memanfaatkan layanan tersebut, ada baiknya Anda perhatikan beberapa tips berikut:
  1. Disarankan untuk tidak menggunakan secara bersama-sama satu nomor seluler. Misalnya satu keluarga hanya memiliki sebuah HP dan digunakan secara bergantian oleh beberapa anggota keluarga. Dari fakta yang ada, banyak laporan yang masuk baik ke CP, Operator, maupun BRTI (Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia), pengguna tidak pernah merasa mendaftarkan nomornya ke layanan yang bersangkutan, padahal pada kenyataannya, tampak jelas bahwa pengguna tersebut benar-benar pernah mengirimkan perintah berlangganan ke layanan tersebut. Setelah ditelusuri, ternyata nomor tersebut memang nomor bersama yang digunakan oleh beberapa anggota keluarga.
  2. Apabila tidak dapat dihindari penggunaan secara bersama nomor tersebut, selalu pastikan untuk memeriksa semua pesan yang terkirim di directory SENT. Dan pastikan bahwa anda mengetahui seandainya ada perintah untuk berlangganan, dikirim ke nomor berapa pesan tadi. Pesan berlangganan diawali dengan awalan perintah REG. Catat baik-baik perintah tersebut beserta nomor tujuannya. Ini bakal memudahkan pelacakan dikemudian hari.
  3. Sebelum mulai berlangganan layanan, pastikan di setiap promosi yang disajikan oleh CP terdapat pemberitahuan yang JELAS bagaimana cara untuk berhenti berlangganan maupun nomor customer service-nya (pastikan nomor ini aktif). Jika tidak, jangan berlangganan layanan tersebut.
  4. Cari tahu dengan cermat informasi berapa lama rentang waktu pengiriman satu SMS ke SMS berikutnya. Juga ketahui pula berapa tarif per SMS-nya. Dengan informasi ini, anda dapat mengkalkulasi berapa biaya yang akan anda keluarkan per minggu, atau per bulan. Jika anda ragu, sebaiknya jangan berlangganan.
  5. Catat dengan cermat nomor short code misalnya 6789, 1234 dan sebagainya yang menjadi tujuan SMS berlangganan anda.
  6. Catat pula pesan apa yang anda ketikkan ke CP tersebut. Disarankan untuk menyimpan setiap detil SMS tersebut dalam HP anda dan jangan pernah menghapusnya sampai anda yakin bahwa anda tidak membutuhkan lagi data tersebut. Beberapa HP memiliki fasilitas penyimpanan pesan yang dikirim dalam bentuk draft, manfaatkan fasilitas ini.
  7. Ketika anda telah mendapatkan reply yang memberitahukan bahwa nomor anda telah terdaftar dalam layanan berlangganan tersebut. Pastikan lagi apakah cara berhenti berlangganan yang ditampilkan dalam promosi pihak CP dapat berjalan dengan sempurna. Umumnya untuk berhenti berlangganan, pengguna dapat mengetikkan pesan UNREG yang diikuti dengan spasi dan jenis layanan berlangganan yang telah didaftarkannya tadi.
  8. Untuk memastikan apakah anda telah benar-benar terbebas dari layanan tersebut anda perlu menunggunya dalam 1-7 hari. Hal ini terjadi karena kemungkinan pengiriman pesan SMS berlangganan tersebut tidak dilakukan setiap hari namun beberapa layanan bahkan dilakukan dalam periode mingguan.
  9. Ketika anda merasa ada sebuah pesan yang tidak diinginkan secara rutin terkirim ke HP anda pada waktu tertentu misalnya setiap hari jam 10 pagi, kemungkinan itu adalah layanan REG yang secara sadar maupun tidak pernah anda daftarkan sebelumnya. Beberapa SMS tak akan terkirim ke HP anda jika anda mematikan HP pada jam-jam tersebut. Namun cara ini tidaklah efektif dan akan mengganggu anda seumur hidup. Pastikan pula berapa pulsa anda terpotong setiap kali menerima SMS tersebut. Umumnya untuk berhenti berlangganan, pengguna dapat mengetikkan pesan UNREG yang diikuti dengan spasi dan jenis layanan berlangganan yang telah didaftarkannya
  10. Ketika sebuah SMS yang terindikasi sebagai SMS REG mampir di HP anda, dan anda tidak tahu layanan apa yang sedang dikirimkan, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mencatat nomor pengirim SMS tersebut. Nomor pengirim dari CP dikenali dari jumlah digit-nya yaitu 4 digit atau 6 digit. Apabila yang anda peroleh adalah nomor 6 digit misalnya ABCDEF, maka CP yang sedang mengirimkan Pesan kepada anda adalah CP yang memiliki short code ABCD. Digit berikutnya yaitu EF sebenarnya adalah identitas tarif layanan yang didaftarkan oleh CP yang dikenali oleh mesin operator.
  11. Jika anda benar-benar tidak tahu layanan apa yang pernah anda daftarkan, ketik UNREG ke short code ABCD tadi. Perintah UNREG merupakan perintah wajib yang diinstruksikan oleh semua operator ke seluruh CP yang memiliki akses ke operator tersebut untuk menghapus nomor pengguna dari semua layanan REG yang ada di CP dengan short code ABCD tadi. Jika anda telah mendapatkan reply pemberitahuan bahwa nomor anda telah terhapus dari layanan REG tersebut, tunggulah beberapa hari untuk memastikan seperti tercantum dalam tip (8). Selain UNREG, dapat pula dicoba perintah lain misalnya STOP.
  12. Jika anda masih tidak berhasil berhenti berlangganan, anda harus melaporkan CP bersangkutan ke operator dimana anda berlangganan. Dengan data yang ada, cukup bagi customer service operator untuk membantu anda berhenti berlangganan. Selanjutnya tunggu seperti di tip (8).
  13. Dalam beberapa kasus, ada kemungkinan pesan yang anda terima tidak mencantumkan nomor pengirim namun menggantinya dengan tulisan misalnya BIBLE dan sebagainya. Ketahui apakah setiap kali anda mendapat SMS tersebut, pulsa anda terpotong dalam nominal tertentu. Teknologi ini dinamakan Sender ID masking . Jika ini yang terjadi, maka anda akan kecewa ketika meminta bantuan ke customer service operator. Laporkan kejadian ini ke BRTI dan operator karena untuk mendapatkan data siapa pengirimnya memerlukan investigasi lebih lanjut dan pelanggaran ini masuk dalam kategori serius. Teknologi ini sebenarnya sering dimanfaatkan oleh untuk promosi melalui SMS. Biasanya CP yang membayar Bulk SMS dan mengirimkannya ke nomor-nomor pelanggan yang dimiliki CP tersebut. Meskipun Bulk SMS ini tidak mengurangi nilai pulsa anda, namun dapat dikategorikan dalam spam sms, dan jika anda merasa dirugikan anda dapat melaporkannya pula ke operator atau ke BRTI.
Referensi :

29 comments

Wirang geni 15 Oktober 2011 pukul 11.57

Sekali-kali ,Pertamax....:D

Rama88 15 Oktober 2011 pukul 11.59

wokwowkwowkowk,, surimmm,, =,= telat lagi,, keduax aja dah,, :D,, btw thx atas infonya bro,, bisa buat penangkal penyedot pulsa nih,, :D

Wirang geni 15 Oktober 2011 pukul 12.00

Seharusnya pihak profider itu memberi informasi Untuk kita?
Sewaktu-waktu kita bisa cek,apakah program tertentu / ada program tertentu telah kita ikuti..?
Betul ngak? :D

Farixsantips 15 Oktober 2011 pukul 12.00

Pertamax!!!!!!

Farixsantips 15 Oktober 2011 pukul 12.02

astaga :'(
lagi pula gak perlu reg regan!

Error Shinobi 15 Oktober 2011 pukul 12.46

@Aku mau gratisan : happy pertamax bro.. :) .iaa bro, bener tu'..

@Rama88 : kalah cepet bro... :) sama-sama bro..

@Farixsantips : pertamax dimana bro.. :P ?? biar ga reg regan ttp aja bro.. :)

Musa Khairul Umam 15 Oktober 2011 pukul 12.47

To Farixsan:bukan pertamax tuh hehehe.... :D

Cek Info 15 Oktober 2011 pukul 13.13

yg ane tau unreg gan, bole jg tu buat referensi :D

Error Shinobi 15 Oktober 2011 pukul 17.35

@Musa : ia tu'.. si fariz pertamax dimana yaaCh ?? :D

@Cek Info : walaupun udah di unreg, biasa tetep msh ada bro..

Dayz 15 Oktober 2011 pukul 19.23

cara yang paling ampuh adalah,, jika ada sms yang gajelas ,, ga usah ditanggapi =))

Rizky Wardiansyah 15 Oktober 2011 pukul 20.23

kren sob post'nya,... ane juga sering kna kya gni mna isi cuma yang goceng lagi hahaha abis semua,... hatur thank u sob from anak sunda ^_^

Error Shinobi 16 Oktober 2011 pukul 08.53

@Dayz : iaa sob, thank's ..

@Rizky : siip.. sama-sama bro.. !!

Sinto 16 Oktober 2011 pukul 09.24

wah blog baru lagi nih

Bayu 16 Oktober 2011 pukul 16.00

saya kira kalau orang habis baca tips ini gag bakalab kena sedot lagi dah :D

Iskaruji dot com 16 Oktober 2011 pukul 18.06

Wah..ini tips yang sangat bermanfaat sekali...kalo sempat, saya pokoknya ijin repost tulisan ini di Iskaruji dot com...nice post and happy blogging!

Error Shinobi 16 Oktober 2011 pukul 18.39

@Zhintho : iaa nih bro.. :)

@Bayu : semoga aja ga bakal kena lagi bro.. :)

@Iskaruji : siip bro, thank's yaaCh ... :)

Unknown 18 Oktober 2011 pukul 13.09

Ane sering mendapat sms penyedot pulsa ini,namun ane tak pernah merespon dengan ramah,delet langsung buang jauh-jauh.Nice info sob,makasih ya infonya.

Error Shinobi 18 Oktober 2011 pukul 14.27

@Er'end : emank harus gitu sob.. thank's yaaCh..

sepatu online 18 Oktober 2011 pukul 17.35

makasih gan infonya

Error Shinobi 18 Oktober 2011 pukul 19.29

@sepatu online : sama-sama bro...

rudietnovian 18 Oktober 2011 pukul 19.48

thanks gan info ny, mantap ni gan..

di tunggu follow back ny y gan.. :)

Error Shinobi 19 Oktober 2011 pukul 09.15

@rudietnovian : thank's bro, segera di follback nih ..

Unknown 20 Oktober 2011 pukul 09.10

thanks tipnya gan

Error Shinobi 20 Oktober 2011 pukul 10.28

@e-news : sama-sama bro.. !

Thepoen 27 Oktober 2011 pukul 08.33

Tricknya bermanfaat gan ,, mungkin membantu orang terhindar dari penipuan ,,hehe

Error Shinobi 27 Oktober 2011 pukul 09.35

@Thepoen : thank's bro for comment .. :)

Solusi problem komputer 27 Oktober 2011 pukul 09.45

pernah jengkel dg hal ini ..., akhirnya sy komplain via email ke oprator, dan jadi beres ...

Error Shinobi 27 Oktober 2011 pukul 16.31

@Solusi problem komputer : emang harus di komplain tu' yg kayak gini, biar ga seenaknya aja ambil pulsa kita ... :)

Unknown 9 Juni 2016 pukul 16.05

males ngomen -_-

Obat Herbal Ejakulasi Dini Paling Ampuh